4 Cara Membangun Customer Loyalty

Apa itu customer loyalty?

Customer loyalty adalah ketika pelanggan mampu atau sedia untuk berulang kali kembali untuk melakukan bisnis atau transaksi. Ini biasanya karena pengalaman yang mereka dapatkan yang menyenangkan dan luar biasa yang mereka miliki dengan merek tersebut.

 

Salah satu alasan utama dalam cara meningkatkan customer loyalty adalah karena pelanggan tersebut dapat membantu dalam mengembangkan bisnis lebih cepat daripada tim penjualan dan pemasaran.

 

1. Bersikaplah dermawan

Dari luar melihat ke dalam, program customer loyalty tampaknya tidak lebih dari sebuah skema untuk membuat pelanggan membelanjakan lebih banyak uang. 

 

Jika program loyalitas kalian mengharuskan pelanggan menghabiskan banyak uang hanya untuk mendapatkan diskon dan sampel yang sedikit, kalian salah melakukannya. Alih-alih, berjalanlah dan tunjukkan kepada pelanggan betapa menghargainya kalian terhadap mereka dengan menawarkan tunjangan yang sangat bagus.

 

2. Tunjukkan rasa terima kasih.

Anda mungkin berpikir bahwa dengan menawarkan program loyalitas, Anda mengungkapkan rasa terima kasih atas bisnis dan loyalitas mereka. Pelanggan secara rutin dibombardir oleh bisnis termasuk pesaing bisnis kalian karena pesaing kalian kemungkinan juga menawarkan program loyalitas. Apa yang membedakan kalian dengan cara pesaing dalam membuat pelanggan setia? Mengekspresikan rasa terima kasih melalui catatan tulisan tangan atau pesan langsung satu-ke-satu. Sertakan ucapan terima kasih dalam pengiriman produk atau dengan sekedar email konfirmasi pembelian.

 

3. Berikan manfaat kepada pelanggan dengan setiap pembelian.

Bangun loyalitas dengan memberi mereka penghargaan untuk setiap pembelian, atau tawarkan insentif untuk membeli lebih banyak. Ini bisa berupa sistem poin di mana sejumlah pembelian tertentu mendapatkan diskon atau nilai lain.

 

4. Melakukan program dengan sepenuhnya.

Mempertimbangkan berapa banyak bisnis yang menawarkan program loyalitas, satu ide inovatif untuk menonjolkan bisnis kalian adalah menghapus ide menggunakan "program" sama sekali. Alih-alih, bangun loyalitas dengan memberikan manfaat luar biasa kepada pelanggan terkait bisnis dan produk atau layanan dengan setiap pembelian.

 

Pendekatan minimalis ini bekerja paling baik untuk perusahaan yang menjual produk atau layanan unik. Itu tidak berarti bahwa kalian menawarkan harga terendah, atau kualitas terbaik, atau kenyamanan terbaik; sebaliknya, saya berbicara tentang mendefinisikan ulang suatu kategori.

 

Jika perusahaan kalian merintis produk atau layanan baru, program loyalitas mungkin tidak diperlukan. Pelanggan akan loyal karena hanya ada sedikit pilihan lain yang sama spektakulernya dengan bisnis kalian.

Comments

Popular posts from this blog

Training Ahli K3 Kebakaran Pada Saat Bekerja

Harus apa Rahasia Cara Cepat Populer dengan Fstagram?

Interior Kantor yang Bagus